Tips & Trik C70

 

 

 


Oblak ?, atasi dengan Bos Grand

Umur tua kerap kali membawa ‘penyakit’ salah satunya yang menimpa kaki depan ulung alias Honda C-70. Rusaknya bos shock selain karena usia pemakaian yang terlalu lama juga akibat kesalahan cara pengereman yang terlalu sering menggunakan rem depan.

Gampang kok menggantinya. Pertama, siapkan tool kit macam kunci ring 14 dan obeng belimbing selanjutnya lepaskan sokbreker depan ulung dengan cara melepaskan sepasang baut yang ada pada cover sokbreker depan (gb.1).

Setelah terlepas, periksa bos sokbreker yang terletak di pangkon sokbreker, jika sudah rusak  alias aus segera harus diganti (gb.2). sebaiknya sekalian aja diganti dengan bos sokbreker belakang orsi Grand biar lebih panjang umur (gb.3).

Jangan lupa tambahkan ring di kedua sisi rumah bos (gb.4), yang berfungsi sebagai pelindung dari baut penyangga sokbreker depan.

Sumber Ototrend


TANGKI HONDA C-70 KURANG KALSIUM

Tangki Honda C-70 atau Super Cub terlindung pelat bodi. Otomatis terdapat rongga antara tangki dan bodi. Kotoran dan air senang nyusup ke celah itu. Seperti tulang kurang kalsium, tangki mudah keropos dimakan karat.

“Dicat saja,” anjur Kiky Goestiawan, juragan Joeky Motor di Jl. Kelapa Dua, Jakarta Barat. Kotoran ibarat kuman, pelat tangki dimakan dan dibikin karat. Supaya nggak doyan, ditutup cat.

Mari dilapis. Sebelumnya, siapkan kunci-kunci yang dibutuhkan. Kunci sok 10 mm, 12 mm dan ampelas ukuran 1000. jangan lupa dokat Rp. 13.000 buat beli cat semprot.

Sampelnya, praktikan di C-70. Kala pertama, kuras isi tangki. Tarik slang bensin yang menuju karburator. Jangan lupa, tampung bensin dengan jerigen.

Sekalian dikuras dan buang kotoran yang mengendap.

Terus, angkat jok. Buka baut penahan tangki pakai kunci 10 mm. satunya lagi pakai kunci 12 mm di ujung sadel (gbr.1).

Angkat tangki beserta jok dari rumah tangki (gbr.2). Kalau sulit boleh ajak kawan. Nggak usah lama mikir, langsung buka dua baut pemegang tangki, gunakan kunci 10 mm.

Pelototi tuh tangki, benarkan diagnosis Joeky. Karat dan kerak nempel semua. Tinggal nunggu waktu tangki bocor. Jangan tunda, ambil sikat besi gosok sampai mulus (gbr.3). Sikat semua kotoran sampai minggat.

Kelar dibersihkan, gosok pakai ampelas 1.000 sambil disiram air. Gesek bibir tangki. Supaya tahu apakah mulai keropos atau tidak. “Tekan dengan ujung obeng. Kalau melesat, las dengan pelat baru,” jelas lelaki Bosi (botak seksi) ini.

Kelar itu, lepas bagian bawah besi U pemegang tangki. Bersihkan dengan kain dan jemur hingga kering. Kalau mau tangki awet, lapisi dulu dengan vernis sebelum dicat.

“Pakai plinkut agar tambah bagus, “ bebernya. Yang nggak mau susah cat saja dengan cat semprot (gbr.4). Lakukan sebanyak 2 atau 3 kali pelapisan. Nah tangki kembali muda.

Sumber M+


 Eh, sistem tarikan gasnya unik lho

Putaran gas Honda C-70 tak seperti lazimnya motor biasa. Dia bukan model gulungan (rol). Begitu dipelintir tak otomatis langsung buka gas. Pasti ada losnya sedikit di awal putaran, lazimnya Honda Bebek produk 1970-an. Maklum, karakternya masih memakai sistem rel. Lewat pengait, kawat kabel gas digerakkan (ditarik) oleh uliran di dalam selonsong grip. Piranti seperti ini ada kelemahannya. Gesekan pengait rel kurang lancar. Berat ketika diputar dan bikin pegal pergelangan tangan. Enggak tertutup kemungkinan macet, bukaan gas ogah kembali ke posisi semula walau grip dilepas. Mesin teriak’ terus tak terkendali. Bajaj ditengah jalan bisa-bisa keseruduk dan…

Menurut Gutomo, punggawa bengkel Baron Motor di Pondok Gede, los pada putaran gas C-70 memang wajar. Malah kalau tak ada losnya puntiran gas jadi berat. Soalnya, tidak ada batas kelonggaran (celah) antara pengait dan rel. fungsinya sebagai ‘pengaman’, bila grip tak sengaja tersenggol tidak langsung buka gas.

Karena sudah tua, kait ulir pada grip gas pun jadi aus. Ini menyebabkan losnya makin gede. Mau diakali, agak sulit. “Struktur piranti selongsongnya tak mungkin bisa diubah,” wanti Gutomo.

Tapi jika rajin dirawat, keausan bisa dicegah. Operasi gas pun senantiasa enteng. Makanya, rajinlah melumasinya dengan gemuk. Jangan terlalu banyak, tipis-tipis saja.

Biar sip, bongkar saja selongsong gas. Gunakan obeng kembang untuk membuka dua sekrup pengikat rumah tombol dan handel rem itu (gbr.1). Kalau susah, bantu dengan tang untuk menarik pengait keluar (gbr.2). Uraikan pengait kabel di dalam pipa setang lalu bersihkan segala kotoran yang menempel (gbr.3).

Beres membersihkan kotoran  rel dan pengait di setang, giliran selanjutnya selongsong grip bagian dalam. Setelah kelar, lumuri gemuk di permukaan pengait. Secukupnya  saja, yang penting gesekan pengait licin dan tidak tersendat (gbr.4). Jangan lupa, lumuri juga bagian dalam selongsong supaya ulirnya bekerja sempurna.

Sumber M+


Usir Iler Motor C-70

Ciri paling kentara motor tua, mesinnya kusam kena rembesan oli biasa disebut ngiler alias ngeces. Meski tidak sederas air terjun, pemilik motor C-70 mengeluh. Penyakit Uzur ini sukar diusir.

“Semua gasket atau paking harus diganti lebih tebal dari aslinya,” kata Azis Kosasih dari Dasa Motor, Jl. Dasa Raya, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dia biasa menyiasati masalah motor tua.

Pemasangan paking lebih tebal sebagai antisipasi bibir bak mesin atau silinder motor tua tidak serata kala baru. Dengan paking tebal, kedua bibirnya bisa saling mendekap.

Sumber M+

  1. noeryaman
    12 Juni 2011 pukul 11:51

    mksud ny pke paking dobel gto?kalo dr seal mgnet g sembuh2 bocorny gmana y?gnti seal msh bocor..tp ktny dr amblas kalo c 70 ad amblsny ngeces trz dong.ad slusi perbaikn g bys g bocr mulu.trim

    • 12 Juni 2011 pukul 13:11

      Kang….oli rembes bukan cuma dari seal. tapi juga bisa dari paking blok mesin. Coba deh ganti paking bloknya dan jangan lupa tambahin gasket biar lebih mantep biar oli kaga bocor.
      Saya ada referensi nih kang katanya TERBUAT DARI KARET PILIHAN DAN BERKUALITAS ANTI BOCOR DENGAN JAMINAN GARANSI PURNA JUAL, Coba akang buka link http://www.asianparts.cc.cc cari oil seal magnet, jadi promosi dagangan orang lain nih…xixixi. Selamat mencoba ya kang.

  2. indra sakti
    17 Februari 2012 pukul 10:10

    Mas.. Nyari selongsong gas ama lidah2nya d mana ya? Brapa harganya kalo d kirim ke pkanbaru?

    • 24 Januari 2013 pukul 06:46

      Dear Bro Indra Sakti,
      Thanks sudah mampir di Blog saya.
      Seperti saran saya ke Bro Zainal Othman, Bro Indra bisa buka FB BOG (Bebek Owners Group Bandung)
      Disana bro bisa chat dengan teman-teman BOG.
      Kalo Bro Indra lagi main ke Bandung, bisa mampir ke
      Kios Bebek C-70 : Jl. Batu Api (Dekat Naga Mas Motor) By Pass Soekarno Hatta Bandung
      CP : Reungit 0813.2002.3927

      Thanks and Regards

  3. 31 Agustus 2013 pukul 03:33

    bos untuk yg pake dobel stater,yg di baliknya magnet bisa gak pake punya astrea grand trims untk sblumnya

    • 31 Agustus 2013 pukul 05:11

      Dear Bro Anang,

      Thanks udah mampir ke Blog saya
      Untuk penggunaan dobel stater, bisa menggunakan kepunyaan Honda dengan Tipe apapun.
      asal Motor C-70 bro Anang sudah menganut sistem kelistrikannya disesuaikan dengan Honda yg 12 Volt.
      Bro anang bisa konsultasikan dengan Mekanik langganan diKota bro anang

      Thanks and Regards

  4. Cahyo utomo
    23 Februari 2014 pukul 15:33

    Maap numpang nanya gan….dirumah ane ada motor honda c70 keluaran tahun 73…kenapa ya kok sekarang sering ngorok dan ngadat….baru jalan 2 km saja langsung mogok….dihidupkan juga susah…kalau jalan lagi 1-2 km…mogok lg…kira2 apa yg rusak dan harus diganti….sayang….motor unik kalau sakit lama-lama…soalnya sangat nyaman buat berkendara jarak dekat….terima kasih

  5. 3 Agustus 2014 pukul 05:06

    selamat siang lae, saya penggemar baru dari siantik c70, dan saya kurang paham jika engkol motor susah hidupnya dan kebetulan staternya ngak bisa saya bawa ke bengkel justru montirnya ngak paham mungkin amatiran ya, jadi saya sudah 40 % sudah ada rasa kecewa takut mati selamanya, tolong bantu ya om untuk solusinya, terima kasih

  6. sain
    16 November 2015 pukul 05:15

    Apa penyebab dan solusinya c70 hanya nyala saat d tutup saringa hawa ny tapi tdk mau d gas dan saat d buka langsung mati, mohon bantuannya yaa!
    trmkasih.

    • Nyius
      23 Maret 2017 pukul 02:20

      Suhu minta bantuan , apakah c 50 langkah prosneleng mudur maju” maaf pemula

      • 15 Mei 2017 pukul 06:37

        Betul sekali bro.
        untuk C-50 yang jadul persnelingnya gigi 1 mundur,gigi netral maju,gigi 2 maju dan gigi 3 maju

  7. 29 April 2016 pukul 07:17

    Kang ane mao nanya klo selaan honda 70ngelos di apain ya kang

    • 15 Mei 2017 pukul 22:37

      biasanya ngga ada Kompresinya bro klo ngelos seperti itu

  8. 2 Mei 2016 pukul 13:05

    cara pasang selongsong nya gimana mas

    • 15 Mei 2017 pukul 22:39

      klo bro masih sekitaran bandung, bisa kontek juragan Kios Bebek
      0813.2002.3927 ato meluncur ke TKP Kios Bebek Jl.Batu Api – Sukarno Hatta – Bandung

  1. No trackbacks yet.

You're reading the article in Blog bebekc50c70c90.wordpress.com Hopefully this article can be useful and beneficial for the readers. Thank you for visiting Bro, do not forget back again yeah Greetings and Regards Blogger Indonesia and Around The World

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s